PENENTUAN KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) Mata Pelajaran Matematika Kelas VII Kurikulum 2013



 PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM)

Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas/Program             : VII (Tujuh)
Tahun Pelajaran           : 2017/2018

No
Kompetensi Dasar
Kompleksitas
Sarana Pendukung
Intake Siswa
Penentuan KKM
Kriteria
Nilai
Kriteria
Nilai
Kriteria
Nilai
1
Bilangan Bulat Dan Pecahan








3.1
Menjelaskan dan menentukan urutan pada bilangan bulat (positif dan negatif) dan pecahan (biasa, campuran, desimal, persen)
sedang
72
tinggi
78
sedang
70
73

3.2
Menjelaskan dan melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dengan memanfaatkan berbagai sifat operasi
sedang
72
tinggi
79
sedang
70
74

3.3
Menjelaskan dan menentukan representasi bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat bulat positif dan negatif
sedang
70
tinggi
79
sedang
72
74

4.1
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan urutan beberapa bilangan bulat dan pecahan (biasa, campuran, desimal, persen)
sedang
70
tinggi
79
sedang
70
73

4.2
Menyelesaikan masalah yang  berkaitan dengan operasi hiting bilangan bulat dan pecahan
sedang
71
tinggi
80
sedang
70
74

4.3
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bilangan dalam bentuk bilangan berpangkat bulat positif dan negatif
sedang
72
tinggi
79
sedang
70
74
2
Himpunan








3.4
Menjelaskan himpunan, himpunan bagian, himpunan semesta, himpunan kosong, komplemen himpunan dan melakukan operasi biner pada himpunan menggunakan masalah kontekstual
sedang
68
tinggi
79
sedang
70
72

4.4
Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan himpunan bagian, himpunan semesta, himpunan kosong, komplemen himpunan dan operasi biner pada himpunan
sedang
69
tinggi
79
sedang
70
73

Bentuk Aljabar








3.5
Menjelaskan  bentuk dan melakukan operasi pada bentuk aljabar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian)
sedang
69
tinggi
79
sedang
70
73

4.5
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bentuk aljabar dan operasi pada bentuk aljabar
sedang
69
tinggi
80
sedang
70
73
3
Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel








3.6
Menjelaskan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
sedang
69
tinggi
79
sedang
72
73

4.6
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
sedang
70
tinggi
79
sedang
71
73

Perbandingan








3.7
Menjelaskan rasio dua besaran (satuannya sama dan berbeda)
sedang
70
tinggi
80
sedang
71
74

3.8
Membedakan perbandingan senilai dan berbalik nilai dengan metode table data, grafik, dan persamaan
sedang
70
tinggi
79
sedang
72
74

4.7
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan rasio dua besaran (satuannya sama dan berbeda)
sedang
69
tinggi
79
sedang
72
73

4.8
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan senilai dan berbalik nilai
sedang
70
tinggi
78
sedang
71
73
4
Aritmatika Sosial








3.9
Mengenal dan menganalisis berbagai situasi terkait aritmetika social (penjualan, pembelian, potongan, keuntungan, kerugian, bunga tunggal, presentase, bruto, tara)
sedang
68
tinggi
80
sedang
72
73

4.9
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan aritmetika social (penjualan, pembelian, potongan, keuntungan, kerugian, bunga tunggal, presentase, bruto, tara)
sedang
69
tinggi
79
sedang
72
73
5
Garis dan Sudut








3.10
Menganalisis hubungan antar sudut sebagai akibat dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis transversal
sedang
73
tinggi
80
sedang
70
74

4.10
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hubungan antar sudut sebagai akibat dari dua garis sejajar yang dipotong oleh garis transversal
sedang
72
tinggi
79
sedang
70
74

Bangun Datar (Segi Empat dan Segitiga)








3.11
Mengaitkan rumus keliling dan luas untuk berbagai jenis segiempat (persegi, persegipanjang, belahketupat, jajargenjang, trapezium, dan layang-layang)
sedang
72
tinggi
80
sedang
70
74

4.11
Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan luas dan keliling segiempat (persegi, persegipanjang, belahketupat, jajargenjang, trapezium, dan layang-layang)
sedang
73
tinggi
79
sedang
70
74
6
Penyajian Data








3.12
Menganalisis hubungan antara data dengan cara penyajiannya (table, diagram garis, diagram batang, dan diagram lingkaran)
sedang
72
tinggi
79
sedang
70
73

4.12
Menyajikan data dalam bentuk table, diagram garis, diagram batang, dan diagram lingkaran
sedang
71
tinggi
79
sedang
70
73
KKM Mata Pelajaran
73












Kompleksitas :                              Daya dukung :                                    Intake :
  1. Tinggi = 50 – 64                      a. tinggi = 75 – 100                a. Tinggi = 80 – 100
  2. Sedang = 65 – 79                    b. Sedang = 60 – 74                b. Sedang = 60 – 79
  3. Rendah = 80 – 100                 c. rendah = 45 – 59                  c. rendah ≤ 59

Mengetahui                                                                             Tarakan,     Januari 2018
Guru Pamong                                                                          Mahasiswa PPL,



Sulikati, S.Pd.                                                                        Indah Lestari
NIP. 196910161994032005                                                   NPM. 14.601040.016


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa

Self-Directed Learning (SDL)

Makalah Perkembangan Psikologi Pendidikan (Perkembangan Remaja dan Permasalahannya)