Perencanaan Media Pembelajaran Matematika Segitiga Pascal dan Garis Singgung Lingkaran
Perencanaan
Media Pembelajaran Dua Dimensi
“The
Rainbow Pascal’s Triangle”
Standar
Kompetensi : Aljabar
Memahami
bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus
Kompetensi
Dasar : 1.1 Melakukan operasi
aljabar
Materi :
Perkalian dan Pangkat pada Bentuk Aljabar (Pangkat Tinggi dari
Suku Dua)
Kelas/Semester : VIII/I
Satuan
Pendidikan : SMP/MTs
1.
Nama Media
Pembelajaran
Nama media pembelajaran ini adalah
“The Rainbow Pascal’s Triangle”
2.
Kegunaan
Media Pembelajaran
Kegunaan dari media pembelajaran ini
adalah memudahkan proses pembelajaran matematika, meliputi membantu guru dalam
menjelaskan maupun membantu siswa untuk memahami materi pelajaran dengan lebih
mudah, utamanya dalam materi aljabar dalam menentukan koefisien binomial dan Perkalian
dan Pangkat pada Bentuk Aljabar (Pangkat Tinggi dari Suku Dua). Pascal’s
Triangle (Segitiga Pascal) adalah segitiga yang terbentuk dari
bilangan-bilangan yang fungsinya untuk mempermudah operasi perpangkatan atau
penyederhanaan Aljabar.
3.
Alat dan
Bahan
Bahan yang dibutuhkan dalam
pembuatan media ini antara lain :
a) Karton
b) Kardus
c) Triplek
d) Double Tip
e) Kertas
Origami/Kain Warna
f) Kertas
Kalender
Sedangkan alat yang dibutuhkan dalam
pembuatan media ini antara lain :
a) Penggaris
b) Pensil
c) Spidol
d) Gunting
e) Pensil
Warna/Keli
4.
Prosedur
Pembuatan
Adapun prosedur pembuatan media pembelajaran “The Rainbow Pascal’s Triangle” ini adalah
sebagai berikut :
a) Menyiapakan
segala kebutuhan termasuk alat dan bahan.
b) Mengukur kardus
sesuai kebutuhan sekaligus menggambarkan polanya sehingga memudahkan dalam
proses pemotongan.
c) Memotong kardus
sesuai ukuran dengan gunting.
d) Lalu
melapisi kardus dengan triplek sesuai dengan ukurannya
e) Membuat
desain segitiga dengan mengukur bagian-bagian segitiga sama besar satu dengan
yang lainnya dengan panjang sisi 6 cm.
f) Menggunting/memotong
kertas origami membentuk segitiga kecil, untuk kardus yang berukuran 0,3 mm.
g) Kemudian
sisihkan segitiga yang telah di potong.
h) Tempelkan
segitiga yang sudah digunting menggunakan double tip pada potongan kardus.
i)
Menyatukan kardus 2 ukuran dengan cara ditumpuk
kemudian di lem.
j)
Memberi penomoran angka sesuai konsep pada Triangle
Pascal’s (segitiga pascal).
k) Alat peraga
siap digunakan.
5.
Cara
penggunaan Media Pembelajaran
Barisan Segitiga Pascal umumnya dihitung dimulai dengan baris kosong, dan
nomor-nomor dalam barisan ganjil biasanya diatur agar terkait dengan
nomor-nomor dalam baris genap. Konstruksi sederhana pada segitiga dilakukan
dengan cara berikut. Di barisan nol, hanya tulis nomor 1. Kemudian, untuk
membangun unsur-unsur barisan berikutnya, tambahkan nomor di atas dan di kiri
dengan nomor secara langsung di atas dan di kanan untuk menemukan nilai baru.
Jika nomor di kanan atau kiri tidak ada, gantikan suatu kosong pada tempatnya.
Caranya yang baris pertama sampai seterusnya, diawali dan diakhiri dengan
tanda 1, sudah ada aturannya, lalu bagaimanalkah dengan g baris 3 dan seterusnya?
Untuk baris ke 3, dinyatakan dengan “1-2-1”. Cara mendapatkannya dengan
menjumlahkan 1 + 1 = 2, oleh karena angka yang ada di baris 2 hanya dua, maka
bertambahnya angka hanya satu, jadi suatu baris juga tergantung pada baris yang
sebelumnya.
Baris ke 4, dinyatakan dengan "1-3-3-1". Cara mendapatkannya, di
awal dan diakhir harus memakai 1, Lalu "3-3-3" berasal dari mana? Itu
diperoleh dari "1 (yang diawal) + 2
= 3" dan "1 (yang diakhir) + 2 = 3", karena yang ditengah -
tengahnya dua, semua ditambah dua, lalu
diawal & akhir harus angka 1, maka sisipkan angka satu diawal dan diakhir,
maka menghasilkan angka "1-3-3-1".
Baris ke 5, angkanya "1-4-6-4-1". Cara mendapatkannya diperoleh
dari hasil tambah "1 + 3" dan "3 + 3" dan "3 +
1", di satukan menjadi "4-6-4" ditambah satu diawal dan akhir,
jadi "1-4-6-4-1".
Baris ke 6 dan seterusnya, sama dengan baris-baris sebelumnya. Yang unik
dari segitiga pascal ini adalah jika setiap barisnya dijumlahkan maka hasilnya
adalah merupakan bilangan 2 pangkat n dengan n berurutan dari 0. Baris pertama
didapatkan 20. Baris kedua adalah sama dengan 21. Baris
ketiga sama dengan 22. Dan seterusnya
a) 1 = 20
b) 1 + 1 = 21
c) 1 + 2 + 1 =
22
d) 1 + 3 + 3 +
1 = 23
e) 1 + 4 + 6 +
4 + 1 = 24
f) 1 + 5 + 10 +
10 + 5 + 1 = 25
g) 1 + 6 + 15 +
20 + 15 + 6 + 1 = 26
Hubungan antara segitiga Pascal dengan perpangkatan suku dua bentuk aljabar
untuk penjumlahan diuraikan sebagai berikut.
(a + b)2
= 1a2 + 2ab + b2
(a + b)3
= 1a3 + 3a2b + 3ab2 + b3
(a + b)4
= 1a4 + 4a3b + 6a2b2 + 4ab3
+ b4
(a + b)5
= 1a5 + 5 a4b + 10a3b2 +
10a2b3 + 5ab4 + b5
Perhatikan!
Pada tiap
suku, pangkat a turun, sedangkan pangkat b naik.
Perpangkatan suku dua bentuk aljabar
untuk penjumlahan diuraikan sebagai berikut.
(a - b)2
= 1a2 - 2ab + b2
(a - b)3
= 1a3 - 3a2b + 3ab2 - b3
(a - b)4
= 1a4 - 4a3b + 6a2b2 - 4ab3
+ b4
(a - b)5
= 1a5 - 5 a4b + 10a3b2 -
10a2b3 + 5ab4 - b5
Perhatikan!
Suku-suku
dari hasil perpangkatan memiliki tanda yang bergantian, yaitu +, -, +, -, +.
Perpangkatan bentuk aljabar dengan n
bilangan asli juga mengikuti pola segitiga
Pascal. Akan
tetapi, tanda setiap koefisiennya selalu berganti dari (+) ke (–), begitu
seterusnya.
Segitiga
Pascal menentukan koefisien yang menambahkan dalam pengembangan binomial. Misalnya,
timbangkan pengembangan berikutnya.
(x + y)2
= x2 + 2xy + y2 = 1x2y0
+ 2x1y1
+ 1x0y2
Perhatikan bahwa koefisien adalah angka dalam baris kedua segitiga Pascal:
1-2-1. Pada umumnya, ketika sebuah binomial seperti x + y
ditambahkan ke suatu bilangan bulat positif kita mendapat:
(x + y)n
= a0xn + a1xn−1y
+ a2xn−2y2 + …
+ an−1xyn−1 + anyn
yaitu koefisien ai dalam pengembangan ini adalah
tepatnya bilangan dalam baris n Triangle Pascal’s. Jadi, untuk
selanjutnya kita dapat mengerjakan perpangkatan bentuk aljabar (a + b)n
dengan menggunakan sifat tersebut.
Contoh:
1.
Sederhanakan (3x + 5y)4
Penyelasaian:
Karena pada pembahasan di atas kita gunakan bentuk (a + b)n maka
bisa kita misalkan a = 3x dan b = 5y.
Bentuk aljabar itu berpangkat 4,
maka koefisiennya pasti 1, 4, 6, 4 dan 1.
(3x + 5y)4 = 1(3x)4 + 4(3x)3(5y) + 6(3x)2(5y)2 + 4(3x)(5y)3 + 1(5y)4
= 81 x4 + 540 x3y + 1350 x2y2
+ 1500 x y3 + 625 y4
2. Sederhanakan
(2x – 3)3
Penyelesaian:
Karena pada pembahasan di atas kita gunakan bentuk (a + b)n maka
bisa kita misalkan a = 2x dan b = -3.
Bentuk aljabar itu berpangkat 3,
maka koefisiennya pasti 1, 3, 3, dan 1.
(2x – 3)3 = 1(2x)3
+ 3(2x)2(-3)1
+ 3(2x)(-3)2 + 1(-3)3\
= 2x3 + 18x2 + 18x + 27
Perencanaan
Media Pembelajaran Dua Dimensi
“Tangent
of Circle”
Standar
Kompetensi : Geometri dan Pengukuran
4. Menentukan unsur, bagian lingkaran serta
ukurannya
Kompetensi
Dasar : 4.4 Menghitung panjang garis
singgung persekutuan dua lingkaran
Materi : Panjang Garis
Singgung Persekutuan Luar (PGSPL) dan Panjang
Garis Singgung Persekutuan Dalam (PGSPD)
Kelas/Semester : VIII/II
Satuan
Pendidikan : SMP/MTs
1.
Nama Media
Pembelajaran
Nama media pembelajaran ini adalah “Tangent
of Circle”.
2.
Kegunaan
Media Pembelajaran
Kegunaan dari media pembelajaran ini adalah memudahkan proses pembelajaran
matematika, meliputi membantu guru dalam menjelaskan maupun membantu siswa
untuk memahami materi pelajaran dengan lebih mudah, utamanya dalam materi
aljabar dalam menghitung panjang garis singgung persekutuan dua
lingkaran/Panjang Garis Singgung Persekutuan Luar (PGSPL) dan Panjang Garis
Singgung Persekutuan Dalam (PGSPD).
3.
Alat
dan Bahan
Bahan yang dibutuhkan dalam
pembuatan media ini antara lain :
a) Karton
b) Kardus
c) Triplek
d) Pita Kain
e) Double Tip
f) Kertas
Origami
Sedangkan alat yang dibutuhkan dalam
pembuatan media ini antara lain :
a) Penggaris
b) Pensil
c) Spidol
d) Gunting
e) Pensil
Warna/Kelir
g)
Prosedur
Pembuatan
Adapun prosedur pembuatan media
pembelajaran “Tangent of Circle” ini
adalah sebagai berikut :
a) Menyiapkan
segala kebutuhan termasuk alat dan bahan
b) Mengukur triplek
sesuai kebutuhan sekaligus menggambarkan polanya sehingga memudahkan dalam
proses pemotongan.
c) Memotong
kertas karton sesuai ukuran yang telah ditentukan dengan menggunakan cutter
d) Membuat
desain lingkaran yang memiliki jari-jari 10 cm dan 6 cm
e) Menggunting/memotong
kertas origami dengan desain lingkaran yang telah ditentukan.
f) Menempel
hasil potongan yang berbentuk lingkaran pada kardus
g) Menghubungkan
kedua lingkaran dengan pita kain sesuai ukuran membentuk garis singgung
persekutuan dalam dan garis singgung persekutuan luar. Lalu ikat tali pada
pusat kedua lingkaran.
h) Memberi
keterangan titik dan garis pada lingkaran dan pita kain yang sudah di bentuk.
i)
Alat peraga siap digunakan.
h) Cara Penggunaan Media Pembelajaran
Media pembelajaran Tangent of Circle
digunakan untuk menemukan rumus mencari panjang garis singgung persekutuan luar
(PGSPL) dan panjang garis singgung persekutuan dalam (PGSPD).
Langkah-langkah
Menentukan PGSPL (PQ):
Terdapat dua lingkaran yang berpusat di A dengan jari-jari R(lingkaran
besar) dan lingkaran kecil yang berpusat di B dengan jari-jari r. Jarak kedua
pusat lingkaran adalah AB = d, dan PQ adalah panjang garis singgung persekutuan
luar = PGSPL
i.
Tarik garis melalui pusat lingkaran kecil (titik B)
sejajar garis PQ hingga tegak lurus garis AP, yaitu BP’ tegak lurus AP.
ii.
BP’PQ adalah persegi panjang, berarti BQ = P’P = r dan
BP’ = PQ = PGSPL serta AP’ = AP - P’P atau AP’ = R – r.
PQ = PGSPL =
Langkah-langkah
Menentukan PGSPD (PQ):
Terdapat lingkaran besar yang berpusat di A dengan
jari-jari R dan lingkaran kecil dengan jari-jari r. Jarak anatar kedua pusat
lingkarang adalah AB = d dan PQ adalah panjang garis singgung persekutuan dalam
(PGSPD)
i.
Tarik garis melalui pusat lingkaran kecil (titik B)
sejajar garis Pqhingga tegak lurus pada perpanjangan garis AP di titik P’,
yaitu BP’ tegak lurus AP’.
ii.
QBP’P adalah persegi panjang, berarti BQ = PP’ = r, PQ
= BP’ = PGSPD, dan AP’ = AP + PP’ atau AP’ = R + r.
PQ = PGSPD =
Contoh:
Diberikan dua lingkaran yaitu [A, 12 cm] dan [b, 23
cm]. Jika jarak AB = 37 cm, hitunglah panjang garis singgung persekutuan luar (PGSPL).
Jawab:
AB = d = 37 cm
BP = R = 23 cm
AQ = r = 12
cm
PO = R - r =
(23 + 12) cm
PQ = PGSPL =
=
= = 12
Jadi, panjang garis singgung persekutuan luar dua
lingkaran tersebut adalah 12 cm.
Komentar
Posting Komentar